Wednesday, June 27, 2012

Menambah Kapasitas Penyimpanan Handphone Android

link2sd
Berdasarkan pengalaman saya menggunakan handphone P500 dengan kapasitas internal phone 200MB, sangat kurang. Aplikasi yang disintal sangat terbatas, jika dipaksakan maka handphone akan sangat lemot. Oleh karena itu diperlukan space yang digunakan untuk tempat instalasi bagi aplikasi yang kita instal. Sebelumnya saya menggunakan space di external memory (SD card) sebagai tempat instalasi tanpa melakukan treatment khusus. Langsung hajar saja tak move to SDcard. Jika ini yang kita lakukan, memang benar aplikasi akan terpindah ke SDcard, tetapi tidak seluruhnya, ada bagian yang masih tertinggal di phone memory. Oleh karena itu pada saat menginstal aplikasi baru kadang muncul peringatan bahwa space kurang padahal aplikasi sudah berada di SDcard.
Solusinya adalah, kita tetap menggunakan SDcard untuk tempat instalasi aplikasi, tetapi dengan teknik khusus. Ide secara umum adalah menggunakan space di SDcard dibuat menjadi partisi khusu yang bisa dibaca oleh OS android. Dengan demikian maka OS Android akan mendeteksi partisi tersebut sebagai storage internal. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah: 
Alat yang perlu dipersiapkan adalah, 
  1. komputer/laptop, software di komputer/ laptop "MiniTool Partition Wizard Home Edition"
  2. software di  handphone android "Link2SD" bisa didownload di market. 

Bahan yang kita butuhkan adalah SDcard (saya menggunakan 8 Giga).

Langkah-langkah yang dilakukan adalah
  1. Copot SDcard dan hubungkan dengan komputer/ laptop (bisa menggunakan adapter),
  2. Backup data yang ada ke komputer/ laptop,
  3. Jalankan " MiniTool Partition Wizard Home Edition", klik kanan dan pilih "delete" untuk menghapus partisi yang ada di SDcard (hati-hati jangan sampai salah partisi, data yang ada akan hilang jika kita salah delete partisi), jika sudah klik "Apply" di pojok kiri atas untuk eksekusi perintah menghapus partisi.
  4. Buat partisi dengan cara klik kanan pilih "create", partisi pertama yang dibuat adalah partisi untuk penyimpanan data di SDcard. Settingannya adalah "Primary" format "Fat32" atur besarnya space,jika sudah OK.
  5. lakukan hal yang sama untuk partisi yang kedua (yang digunakan untuk tempat penyimpanan aplikasi), Settingannya adalah "Primary" bedanya adalah pada format, yaitu "Ext-2", jika sudah Ok
  6. Untuk eksekusi akhir tekan "Apply"di pojok kiri atas untuk menjalankan semua perintah pembuatan partisi baru.
  7. Jika sudah pindahkan data pada partisi dengan format "Fat32", kemudian jika sudah terpindah semua, masukkan SDcard ke handphone android.
  8. Download aplikasi Link2SD di market. jalankan aplikasi tersebut, pada awal akan muncul keterangan untuk memilih faormat partisi yang ada, maka pilihlah "Ext-2", kemudian OK. Jika muncul notifikasi mengenai root, maka pilih "allow"
  9. Untuk membuat aplikasi yang akan kita instal masuk semua ke partisi yang telah kita buat maka atur pada settingan, dengan cara pada halaman utama klik "menu" dan pilih "settings", pada pilihan Autolink, pastikan "Auto link - Automatically link newly installed application to SD" ter check - terpilih. Jika sudah balik ke halaman utama dan restart handphone,
  10. Buka aplikasi Link2SD dan pindahkan aplikasi yang telah diinstal dengan cara pilih inginkan ke partisi yang terbaru dengan cara pilih aplikasi yang kita inginkan kemudian pada halaman paling bawah ada pilihan "create link" pilih untuk memindahkan aplikasi ke partisi kita yang baru.
Semoga membantu. 

Note: Aplikasi Link2SD ini memerlukan akses root, maka pastikan sebelum menggunakan cara ini, handphone Androit sudah di root. Terimakasih. 


3 comments: