Sunday, January 30, 2011

CARA MEMBUAT BACKUP/ CLONNING WINDOWS MENGGUNAKAN SYMANTEC GHOST

Seperti yang saya tuliskan pada postingan sebelumnya tentang cara membuka backup, sekarang akan dituliskan bagimana cara membuat backup windows. Sebernarnya backup disini bukan khusus untuk windows, tetapi lebih pada membackup partisi, dan jika kita membuat backup partisi sistem maka otomatis akan membackup windows, lebih tepatnya membuat clon partisi. Ini sangat bermanfaat karena partisi tersebut yang berisi windows setelah kita clon dapat digunakan untuk mengisi komputer/laptop dengan merek dan spesifikasi yang sama. Beberapa komputer/laptop walaupun tidak memiliki merek dan spesifikasi sama kadang bisa digunakan untuk tujuan clonning windows dengan catatan beberpa bagian akan sedikit kita setting ulang.
Backup Windows untuk pengguna komputer sangat penting karena tidak ada yang bisa menjamin bahwa sistem windows yang terinstal pada komputer aman dari serangan virus. Oleh karena itu backup sistem sangat disarankan agar mudah untuk recovery. Berikut akan dijelaskan cara/ tutorial bagaimana membuka backup windows yang dibackup menggunakan program ghost yang ada pada CD hiren 10.
CD Hiren 10 merupakan CD yang bootable yaitu CD yang dapat booting dan didalamnya berisi banyak aplikasi seperti sistem operasi windows. Syarat untuk dapat mengakses program pada CD hiren 10 adalah komputer anda sudah disetting boot dari Optical drive (Cd atau DVD) ini dapat dilakukan pada bios.
Setelah CD dimasukkan otomatis akan booting dari optical drive kemudian ada tiga pilihan booting yaitu:
  • Harddrive
  • Start BootCD
  • Start Mini Windows XP
Pilih Start Mini Windows Xp, tunggu hingga masuk pada program Mini Windows XP. Setelah masuk pada program Mini Windows XP maka lakukan langkah berikut:

  1. Pada Boot CD hiren (Hiren’s BootCD WinTools 1.2) klik menu|backup|Ghost 32| 
  2. Tunggu beberapa saat program ghost akan terload. Klik OK.
  3. Untuk membuka file backup-an yang telah tersimpan dapat mengikuti langkah berikut: local|partition|to image. Pilih hardisk tempat partisi yang akan dibackup/clon (jika hardisk lebih dari satu). Pilih partisi yang akan dibackup/clon. Pilih tempat penyimpanan (selain partisi yang akan dibackup, misal partisi D/ E/ F atau yang lainnya, kemudian beri nama file backupan/ clon dengan merek/spesifikasi dari laptop/komputer anda misalkan "HP ProBook 4420s". pilih Save
  4. Akan muncul keterangan "Compress Image (1916)" pilih fast untuk kompressi yang cepat tetapi hasilnya tidak kompressannya besar atau high untuk hasil kompressan yang relatif lebih kecil tetapi memakan waktu yang lebih lama. Pilih salah satu maka proses akan berjalan sesuai dengan kapasitas partisi yang dibackup/clon.
  5. Selesai, hasilnya 
Catatan: Jika akan membuat backup/ clonning disarankan agar partisi dikurangi kapastiasnya sedikit mungkin agar file backupan/ clonning hasilnya akan lebih kecil sizenya.

byjabs


1. Menu Interface Hiren's 10
2. Pilih Partisi to Image
3. Pilih partisi yang akan dibackup
atau di clonning
4. Pilih tempat penyimpanan
untuk file backupan/ clonningan
5. Beri nama (untuk memudahkan
untuk mengingat
berilah nama sesuai seri laptop/ komputer)
6. Pilih kompressi
fast (cepat) atau high (tinggi)








1 comment: