Friday, June 22, 2012

SMS Gagal Kirim - Android

Pengalaman yang sungguh tidak mengenakkan. Beberapa waktu yang lalu handphone Android P500 saya tidak bisa mengirim dan menerima sms. Sebelum menggunakan android saya tahu cara memperbaikinya yaitu dengan mengecek SMS centernya. Biasanya jika diisi dengan nomor yang benar, maka akan bisa digunakan untuk mengirim dan menerima SMS. Tetapi settingan di Android sedikit berbeda, saya coba untuk searching dan mendapatkan beberapa cara. Cara yang pertama adalah dengan mengecek settingan umum telephone. langlkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. bisa dibuka dengan menuliskan kode *#*#4636#*#* pada jendela dial (aplikasi untuk menuliskan nomor telephone. 
  2. kemudian pilih "Phone Information" dan 
  3. kita akan menemukan settingan "SMSC" (seharusnya ada nomor sms centernya sesuai dengan providernya).
  4. akan tetapi setelah saya mencoba untuk mengisinya tidak bisa, keluar keterangan "update error". beberapa kali saya coba, hasilnya tetap sama. saya coba untuk reboot handphone saya, hasilnya tetap sama. kemudian saya Give up (menyerah). 
Cara yang kedua adalah dengan settingan pada aplikasi sms yang saya gunakan (Go SMS pro). langkah-langkah adalah sebagai berikut:
  1. masuk pada "settings"
  2. pilih "Advanced"
  3. pilih "send settings"
  4. isikan SMS center pada "Customized SMSC number: (saya mengisikan dengan +62855000000 untuk sms center IM3)
  5. setelah itu saya coba untuk kirim sms dan Taraa...... sms terkirim dan sms yang sebelumnya belum masuk bertubi-tubi masuk ke inbox.. Alhamdulillah, SMS bisa kembali untuk digunakan. 
Ini pegalaman saya, bagi yang memiliki masalah yang sama semoga bisa menjadi jalan keluar. 

10 comments:

  1. helpp kakk,,saya uda ngikutin yg go sms pro itu,,tp ttp g bisa kak :(

    ReplyDelete
  2. Akhirnya bisa dengan cara ini. Setelah memasukkan sms center kemudian aku restart. Yes.. Puji Tuhan kembali baik. Thank u sudah berbagi

    ReplyDelete
  3. bismisllah, saya mencoba untuk membantu
    kalo hape yg kamu pake itu dual sim, gunakan sim yg biasa dipake smsan di SIM1.
    misalnya sim IM3 yg biasa kamu pake untuk smsan, ada di SIM1 dan sim XL yg biasa kamu pake untuk internetan di SIM2.
    kemudian coba ikutin step yg ada di postingan ini, masukkan sms center providernya.
    saya brusan utek2 dan akhirnya berhasil :)

    ReplyDelete
  4. Kalo yang pakek exis gmna gan .... ?

    ReplyDelete
  5. saya udah nyoba juga tetep gak bisa. nyoba pake yang dial sama go sms pro. udah restart berkali kali juga tidak bisa. apa ada saran lain?

    ReplyDelete
  6. sama...eung...gagal terusss....
    kumaha nya?!?!?!

    ReplyDelete
  7. assalamualaikum. . . sekedar berbagi. saya td awalnya jga dapat masalah yang sama dgn kalian, tp alhamdulillah skarang bisa kirim sms lg lwt go sms pro heheh

    berikut caranya buka setting > pengaturan aplikasi >pilih go sms pro > paksa berhenti > hapu$ data > jalankan lg go sms pro. . . tralala. . . berhasil ^_^ $elamat mencoba

    ReplyDelete
  8. tetep ga bisa tuh bagaimana :(

    ReplyDelete
  9. Sms begitu dibukak knapa yaa kok jadi kosong smua?????

    ReplyDelete