Tuesday, March 15, 2016

5 BISNIS MODAL DENGKUL! (oleh: Saptuari)

Tulisan ini cukup menggelitik dan bermanfaat, silahkan baca dan bisa untuk di praktekkan.
Maksudnya dengkul? Tanpa modal laaah.. Hehe, atau kalo pakai modal gak gede-gede amat, cukup pakai HP pun bisa jualan. Saya kalau ngisi seminar terlalu sering ada pertanyaan dan curhatan mau bisnis gak punya modal, kayaknya kalo modal gak ditangan bisnis hanyalah dalam angan-angan! Gak mungkin.. Bullshit.. Nggedabusss..
Tapi lihat deh, dijaman sekarang canggih, HPmu adalah tokomu! Senjata mematikan buat jualan asal tau ilmunya. Punya HP bagus hanya buat update status, pamer sepatu baru, atau foto nongkrong bareng temen-temen... Aah sungguh rugi dirimu! Apalagi cuma update status: met bobok kawan-kawan, CU muah-muah... Hoek!
Coba lihat apa yang mereka lakukan dengan HP mereka untuk cari duit, tanpa kantor, tanpa modal, dapat duit asal ada kemauan.
1. MAKELAR PROPERTY
Ada teman saya hobinya mantengin koran, rumah-rumah yang dijual di Jogja dan sekitarnya, dicatet, dibuat databasenya di laptop, dikontak satu-satu pemiliknya. Ijin untuk menawarkan, ada yang menolak, ada yang senang hati dibantu menjualkan, dengan komisi 2-2,5% dari harga jual. Besoknya dia yang pasang iklan di koran, "Dijual rumah sekitaran Jogja, anda SMS rumah kami antarkan!" Wuuiik! Hehe.. Terus bikin team isinya 6 orang, masuk ke group dan komunitas makelar property. Saling bagi info, cari pembeli bareng-bareng. Sekali waktu saya ketemu, dia cerita baru beli tanah di daerah Pakem Jalan Kaliurang, 150 juta cash dari uang hasil komisi menjualkan property orang.
2. JASA PENGURUSAN BPKB dan STNK.
Waktu saya ketemu di Samsat Sleman dengan orang ini saya iseng menginterogasi,
"Wah saya gak pakai modal mas! Ini saja cukup HP! Kadang sebar brosur ke perumahan, ke kampung-kampung, lama-lama langganan saya banyak, orang milih bayar 50 ribu daripada harus antri seharian bayar pajak BPKB, atau ngurus balik nama kendaraan, mereka tinggal WA atau SMS, saya jemput, beres deh.."
"Sehari dapat pesanan jasa berapa mas?"
"Kalo sepi 8 mas, kalo ramai bisa 20 sehari. Saya kerjain sendirian sambil wira-wiri dari pagi, sore sudah beres"
"Wuik.. Bisa sehari dapat 400 ribu- 1 juta dong?!"
"Alhamdulilah mas.. Rejeki anak sholeh.." Katanya sambil mringis
3. JUALIN PRODUK ORANG LAIN
Ada seorang mahasiswa cerita, dia punya tetangga yang memproduksi tas kulit, bagus-bagus hasilnya tapi penjualannya masih mengandalkan setoran ke beberapa toko saja. Datang deh dia menawarkan diri..
"Mas boleh enggak aku jualkan tasmu?"
"Jualan dimana?"
"Aku jualkan online mas! Aku jadi salesmu, aku jual lewat facebook, instagram, path, twitter, nanti aku ijin memfoto produk-produkmu, aku bikin katalognya, mereknya tetap pakai merekmu. Nanti kalo ada yang beli aku langsung kirim ke kota mereka, ongkos kirim mereka yang nanggung, aku dapat 30% dari harga jualnya. Gimana mas? Deal?"
"Waah sip itu! Aku gak paham jualan online je! Oke deal"
Akad terjadi, saling ridho kerjasama..
Saya pernah tanya, berapa berapa penghasilannya dari jualan produk orang lain itu, antara 3,5 juta-7 juta perbulan keuntungannya... Ck ck ck!
4. JASA BERSIH-BERSIH RUMAH
Kata kawan saya modalnya cuman cairan pembersih lantai dan sikat, terutama sikat buat menyikat rasa malu! Hehe
Dia pasang iklan di koran, nyebar brosur di perumahan.
"Rumah anda sudah sangat suram? Licin dan kotor menyedihkan? Tak punya pembantu yang diandalkan? Hubungi kami di 08123456789, kami datang membereskan! Harga mulai 200 ribu/rumah"
Ini pinter melihat peluang. Buanyaak orang yang punya rumah bagus tak terawat, susah mencari pembantu yang mau tinggal. Mereka memanggil jasanya dua minggu sekali membersihkan semua kamar mandi. Lama-lama langganannya banyak, sampai punya karyawan tim pembersih puluhan orang..
5. RESELLER BUKU
Ada yang hobinya unik, berburu buku yang tidak dijual di toko buku. Biasanya buku-buku unik yang memang dijual terbatas, lewat online dan komunitas. Ada tuh yang ambil 10 buku, lalu jual lewat OLX, Buka Lapak, Kaskus dan toko online lainnya. Ada reseller buku saya yang cerita, ambil 100 buku, ludes dalam sebulan, padahal jualan dari rumah saja gak kemana-mana, tiap ada yang pesan langsung kirim lewat Pos dan JNE, dah dapat untung 30% dari harga bukunya. Gak semua buku dijual di toko buku, justru yang dijual lewat reseller ini bisa menggerakkan ekonomi banyak orang, gak hanya dimonopoli toko buku..
Terlalu banyak peluang dimana-mana, jadi yang masih ngeluh mau usaha gak punya modal, aaah itu alasan sadja..
Banyakin ilmu, biar gak ngeluh melulu..
Di dunia ini semua bergerak, diam berarti mati, berhenti pasti terlindas!
Salam,
Saptuari Sugiharto
===
Rasulullah saw mengingatkan kita tentang kewajiban bekerja dan mencari nafkah yang halal:
Abu Hurairah r.a mengisahkan bahwa Nabi saw. Bersabda , “ Seseorang yang memperoleh ( harta ) secara sah ( halal , menurut hukum ) , menyelamatkan dirinya dari minta-minta dan menunaikannya demi makan dan minum keluarganya dan menolong tetangganya , akan berjumpa Allah SWT. Dihari pengadilan dengan wajah bercahaya bagaikan bulan. Dan seorang yang memperoleh ( harta) secara tidak halal ( menurut hukum ) dengan suatu pandangan lebih beruntung dari-pada sebelumnya dan untuk menunjukkan bahwa kekayaannya lebih besar dari pada orang lain , akan bertemu dengan Allah SWT. Dalam kemurkaan. “(HR. Baihaqi)
"Sesungguhnya Allah Ta‘ala suka melihat hamba-Nya bersusah payah dalam mencari rejeki yang halal”. (HR. Dailami).
Agar hasil kerja kita bernilai keberkahan, awalilah dengan belajar fiqh muamalah. Sehingga tidak terjebak oleh transaksi riba atau mumalah yang melanggar hkm syara ketika mencari nafkah.

No comments:

Post a Comment