Sunday, February 20, 2011

Problem With Hirens - Nganggo Hirens ra dadi kabeh og pie

Hari sabtu dan minggu pagi, saat waktu terasa cepat berlalu. Kegiatan oprek komputer yang biasanya berjalan lancar ternyata terkencala pada booting hirens. Sudah memakai hirens dari hirens 10 dan 12 hasilnya tetap nol. Saat menggunakan hirens 10 tetapi Mini XP tidak berjalan dengan keterangan muncul :
File \HBCD\XP.CA_ could not be loaded 
The error code is 7
Setup cannot continue. Press any key to exit
Metode tersebut jelas tidak bisa digunakan, kemudian masuk menggunakan Start Boot CD, mulanya tampilan yang mucul normal. Nah yang kubutuhkan adalah program Ghost, di Hirens 10 menggunakan Ghost 11.5 tanpa pikir panjang lasngsung kueksekusi program ghost tersebut dan ku pilih ghost normal. Program saat loading data berjalan pelan berharap-harap cemas semoga bisa berjalan normal. Ditunggu lama masih tetap tidak ada perubahan, masih menunggu dan hasilnya !! HBCD Folder not Found.!!  wow, sungguh mengecewakan. What happen with my hirens oh My God?. Mungkin sudah rusak CD.nya itulah kesimpulan sementaraku. Maka kucoba dengan alternatif lain, burning Hirens (tapi kali ini pake hirens 12 - Biar mantap kupikir). proses burning berjalan normal, hasilnya burningan CD hirens 12 kumasukkan ke laptop dan Alhamdulillah dapat berjalan dengan baik, semua program awal bisa berjalan mulai dari LINUX, Mini XP. nah karena terbiasa dengan windows maka kupilih Mini XP. Sip bisa masuk dalam program, dan tampilannya sungguh ada beberapa perbedaan dengan hirens 10 (Tambah mantap ku pikir).
Kubuka satupersatu program yang biasa kupakai di Hirens 10 wah progra EASEUS untuk partisi tidak ada kecewa lagi. tapi tidak mengapa bisa menggunakan program yang lain, tidak masalah. Setelah partisi sudah tidak ada masalah kemudian kubuka clon program (kupakai Ghost 32), nah ada pilihannya. Ku klik pelan dan mantap kutunggu loading programmnya tapi apa yang terjadi program Ghost tidak dapat dieksekusi, pusing neih kepala. Ya sudahlah ternyata apes nasib sedang menimpaku.
Sebagai seorang yang suka tantangan hal tersebut tidak menyurutkan langkahku (He.he.. semangat lagi nih). Kemudian kupikirkan cara yang lain, kesimpulan sementaraku hirens 10ku rusak CD.nya jadi harus burning lagi yang baru. Setelah kuperiksa stok CD blank.ku ternyata habis, Yah masalah datang kembali. Tak apalah bisa via Flashdisk, dan masalahnya harus tahu caranya agar Flasdisk kita bisa bootable kucari di mbah Google dan dapat artiklenya disini. (Thanks Bro infomasinya). Nah sekarang waktunya mencoba booting Hirens 10 dari flashdisk, mau kucoba dulu yaa, semoga berhasil. Hasilnya sudah keluar, cara yang kudapat dari artikel tersebut di atas betul adanya dapat bekerja dengan baik dan Hipotesisku benar bahwa CD Hirensku rusak (booting via Flasdisk bisa berjalan dengan lancar). Sekarang aku bisa bekerja dengan lancar karena hambatan sudah terlewati. Belajarlah dari kesalahan (Learning by Error) kata Pak Djaka Marwasta (Dosenku).

No comments:

Post a Comment