Wednesday, March 9, 2011

Jika anda lupa Joomla Super Administrator Password

Jika anda tidak dapat login ke Backend-Administrator situs Joomla anda dengan menggunakan username administrator, anda dapat men-setting ulang password untuk username administrator tersebut di dalam mySQL Database. Jika setting ulang telah dilakukan maka login ke dalam backend situs Joomla anda akan di set menjadi :

Username : admin
Password : admin

Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut di bawah ini :



Untuk men-setting ulang password super administrator di situs Joomla anda adalah dengan login/masuk ke dalam cPanel website anda yang dapat di lakukan dengan mengunjungi http://situsanda.com/cpanel dimana "situsanda.com" adalah nama domain dari situs anda.

1. login ke dalam control panel account hosting;
2. Pilih dan klik menu yang bertuliskan "phpMyAdmin" (tanpa tanda kutip).
3. Pilih nama database yang anda gunakan untuk situs Joomla anda.
4. Pilih menu yang bertulisan "SQL" (tanpa tanda kutip), kemudian copy-paste kode di bawah ini untuk men-setting ulang password super administrator situs Joomla anda.

Untuk Joomla versi 1.0.12 ke bawah menggunakan kode berikut ini :
UPDATE `jos_users` SET `name` = 'admin', `password` = '21232f297a57a5a743894a0e4a801fc3' WHERE `id` =62 LIMIT 1 ;


Untuk Joomla versi 1.0.13 ke atas gunakan kode berikut ini :
UPDATE `jos_users` SET `name` = 'admin', `password` = 'af9083d4b82dbc0745b124db3b3cf15d:M0WuLowO4rtRTddG' WHERE `id` =62 LIMIT 1 ;

Catatan :

Jika anda menggunakan versi Joomla yang lama (di bawah versi 1.0.12), ada baiknya anda merubah "jos_users" menjadi "mos_users".

Setelah memasukkan kode tersebut kedalam kolom yang tersedia kemudian langkah selanjutnya adalah menekan tombol yang bertuliskan "Go".

Langkah terakhir dari proses ini adalah merubah password super administrator yang telah anda set tadi menjadi password yang anda inginkan.

Arahkan browser anda untuk mengunjungi backend dari situs Joomla anda dan masukkan "admin" pada kolom username dan password.

Setelah berhasil masuk ke dalam backend dari situs Joomla anda, lanjutkan langkah berikutnya dengan menuju ke menu "User Manager", menu ini dapat di temui pada main menu "Site".

Setelah masuk ke dalam menu "User Manager" kemudian pilih user yang ingin anda edit/rubah kemudian tekan tombol yang bertuliskan "Edit".

Setelah masuk ke dalam halaman "Edit" anda dapat memasukkan password yang baru untuk merubah password default "admin" ke password yang anda inginkan.

Catatan :

Ada baiknya bila password yang anda gunakan panjangnya minimal 8 karakter dan terdiri dari kombinasi angka, huruf kapital dan huruf kecil.

Bagi yang hobby cms-an moga-moga ini dapat menjadi masukkan yang berarti, karena saya juga mengalami kelupaan password.He..he.. maklum penyakit lama g ilang-ilang.

Sumber: http://billing.kijangmashosting.com/knowledgebase.php?action=displayarticle&id=24

No comments:

Post a Comment