Friday, April 29, 2011

LG Optimus One P500 Android

Paket Penjualan
Tampak depan
LG Optimus One P500 (O1) adalah pilihan pertama ane untuk beli ponsel dengan operating system Android. Pertimbangan utama saat membeli android bagi saya adalah pada batrai yang tahan lama karena kesibukan yang lebih banyak dilapangan daripada di ruangan yang jelas jauh dengan listrik. Selain itu tidak mengesampingkan untuk urusan processor bagi saya O1 yang memiliki Proc 600 MHz sudah cukup untuk aplikasi yang saya butuhkan sekarang karena yang terpenting bagi saya saat ini adalah konektivitas ke dunia maya dan fitur navigasi (gps dan kompas digital). RAM yang ditanamkan ke O1 cukup longgar yaitu 512Mb, cukup untuk melancarkan kinerja ponsel yang kadang memerlukan tenaga lebih (kadang iseng maen game yg cukup gedhe - NFS). Kemudian fitur andalan lainnya adalah kamera untuk mengabadikan moment-moment yang bagus saat berada di mana saja. Kelemahannya adalah flash yang belum ada pada O1 sehingga jika pada malam hari atau tempat yang cahayanya kurang akan jelek hasilnya. Jika ingin tahu spesifikasi lengkap dapat lihat dibawah ini:

3.2" 256K-color capacitive TFT touchscreen of HVGA resolution (320 x 480 pixels); Multi-touch input
Quad-band GSM/GPRS/EDGE support
Dual-band 3G with HSDPA (7.2 Mbps)
600MHz CPU running Android 2.2 Froyo; 419MB RAM
3 megapixel autofocus camera; face and smile detection, geotagging
VGA video recording @ 18fps
microSD card slot, up to 32GB, 2GB in the box
Standard 3.5mm audio jack
Standard microUSB port (charging)
GPS receiver with A-GPS; Digital compass
Wi-Fi b/g; Wi-Fi hotspot functionality built-in
Bluetooth 2.1 with A2DP
Accelerometer for screen auto rotate; Proximity sensor
FM radio with RDS
Office document editor
Portrait and landscape on-screen QWERTY keyboard
Social networking integration
DivX/XviD support
Smart dialing
Excellent loudspeaker performance

O1 ditanamkan OS Android Froyo (2.2) dan upgradable ke Ginggerbread (2.3). Tampilan standar pada foryo bagi saya tidak begitu menarik sehingga untuk pertamakali yang saya lakukan dengan O1 adalah instalasi untuk mengubah tampilannya dengan menggunakan "Launcher Pro" dan keyboard sungguh tidak menarik langsung saya ganti dengan "betterkeyboard". Tampilan sedikit lebih baik, tetapi kemudian saat melakukan pengetikan dirasa masih ada yang kurang beres. Setelah browsing dan maen di kaskus tepatnya di thread  LG Optimus One P500 Lounge saya mendapatkan informasi bahwa layar O1 masih ada kelemahan (bug) dengan nama "Kernel with minimized touchreen bug" dipost ke 3 dengan modal itu kemudian saya perbaiki dan sekarang dah enak untuk touchscreenya. 

Menurut pengalaman saya jika punya handphone android seperti ini dan doyan untuk utak-atik tidak cuma terima apa adanya lebih baik ikut pada forum-forum yang khusus membahas ponsel tersebut. Ada beberapa forum O1 yang ane jadiin rujukan yang paling utama ada dua yaitu:
1. kaskus  bisa lihat disini
2. XDA bisa dilihat disini

No comments:

Post a Comment