Tuesday, May 3, 2011

Layanan Goggle - Sedikit review

Google yang familiar dengan mesin pencari sebenarnya memiliki pabnyak sekali produk yang lain. Gmail merupakan kepanjangan dari Google Mail, jasa layanan surat elektronik ini menyediakan space sebesar 7578 MB. Cukup longgar dengan bejibun fasilitas yang disediakan oleh google mulai dari chatting (Gtalk), video (Youtube), Gambar (Picasa), Blog (Blogger) sampai pada mobile yang dapat dimaksimalkan dengan ponsel berbasis Andorid. Saya pribadi masih percaya pada Google dengan fasilitas yang sangat banyak yang belum saya temui pada penyedia yang lain, walaupun saat ini untuk layanan seperti itu sudah mulai dimiliki oleh provider yang lain. Semisal Yahoo, banyak yang memiliki akun mail yahoo (termasuk saya), karena yahoo sudah sangat populer dengan yahoo mesengger (YM). Banyak yang sudah memiliki akun ini untuk media komunikasi di dunia maya. Di Indonesia pada umumnya untuk pengguna internet yang mementingkan komunikasi yang live selain saat ini chat melalui web social network seperti Facebook dan Twitter dapat dipastikan mereka memiliki id untuk YM.

Masing-masing memiliki keunggulan, menurut  saya pribadi sebagai pengguna keunggulan masing-masing sebagai berikut:
  1. Yahoo untuk chatting dan e-mail biasanya untuk personal.
  2. Facebook dan Twitter untuk Social Network khususnya untuk berkomunikasi secara intensif dengan komunitas yang banyak baik dengan tulisan maupun dengan gambar.
  3. Google menyediakan untuk personal (e-mail dan chat), untuk blog pribadi, video (youtube), album gambar (Picasa), untuk browsing (Chrome) dan fasilitas yang lain misalkan map, document dll yang semuanya dapat diintegrasikan dan memiliki sebuah ponsen pintar untuk memanage dengan nama ponsel Android. 
Tiga point tersebut menurut pendapat pribadi dari penulis jika kita ingin memanfaatkan fasilitas yang disediakan maka pilihan jatuh ke Google. Fasilitas dari yang lain dapat dilengkapi dengan provier yang lain misalkan chat karena gtalk tidak lebih populer dari ym maka kita pakai YM jika kita menggunakan blog masih ingin lebih populer kita bisa promosikan di Facebook atau twitter dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment